Open Business? Open Innovation? What the hell is that.. -_-“

10 Oct

okeoke ini another blog maniaku lagi.. tentang apa hayo? ya tentang open innovation sama open business dongg…

okay let’s start it guysss..

OPEN INNOVATION..

what’s the definition of open innovation? well Open innovation is a paradigm that assumes that firms can and should use external ideas as well as internal ideas, and internal and external paths to market, as the firms look to advance their technology. The boundaries between a firm and its environment have become more permeable; innovations can easily transfer inward and outward. The central idea behind open innovation is that in a world of widely distributed knowledge, companies cannot afford to rely entirely on their own, but should instead buy or license processes or inventions  from other companies. In addition, internal inventions not being used in a firm’s business should be taken outside the company. Source wikipedia.

nah yang membuat paradigma ini tuh henry chesburgh, dia tuh proffesor dr berkeley university.. sebenernya apa sih keuntungan dari open innovation? gini yah, kalo suatu perusahaan udah berasa lack of innovation dia bisa nyari dari external perusahaannya.. karena menemukan innovasi itu ga gampang, makanya perusahaanya yang menarik innovasi diluar harus membayar seperti saat dia membayar internal perusahaan yang menemukan innovasi itu.. nah nah nah jadinya perusahaan tuh ga menutup semua innovasi2 keren dari luar perusahaan.. apalagi biasanya kan yang ngasih innovasi itu yang udah kenal sama apa yang dibutuhin atau apa yang biasanya company itu keluarin kan? nah lebih oke lagi kan tuh.. mana bisa jadi yang faktor external nya itu konsumen nya sendiri, brarti pas banget si target market yang nyiptain product..

untungnya apa lagi sih? itu ngebuat para employee perusahaan jadi lebih kreatif untuk ngebuat innovasi2 yang lebih memukau.. otomatis yah employee berasa banyak saingan dong? gak dari temen2nya sendiri, tapi juga dari luar perusahaan.. makanya kan terkadang kreatifitas muncul karena adanya suatu tekanan dari lingkungan, akhirnya kreatifitas otomatis terbentuk dengan base standart yang ada di lingkunganya.. employee bakal berlomba2 buat menemukan innovative2 yang lebih keren lagi, apalagi ada insentif yang bakal dikasih sama perusahaan..

 

L’OREAL, salah satu contoh company yang melakukan open innovation

siapa sih contoh perusahaan yang udah menjalankan open innovation? emm.. LOREAL.. wah loreal sering banget ke kampus sbm buat bikin acara lorea brandstorming.. yang brand storming nya itu isinya anak2 kuliahan yang nyari2 innovasi2 asik yang bisa di jual oleh loreal.. istilahnya jatohnya kaya sayembara kan? betul sekali! insentif atau hadiah materi bakal dikasih tentunya sama si perusahaan tersebut.. apalagi kalo ikutan brandstorming ini bisa dapet pengalaman-pengalaman yang gabisa didapet di kehidupan biasanya loh.. oiya satu lagi.. bagi para external innovator pastinya bangga banget loh kalo innovasinya dimasukin sama perusahaan itu, atau dijalankan oleh perusahaan tersebut.. contohnya aja gini, saya suka banget sama brand baju cubitus, trus saya masukin design polo shirt lucu buat cubitus, tau2nya masuk dan akhirnya dijual oleh cubitus.. wah pasti rasanya berbunga2 banget tuh kan yah.. itu rasanya kaya sama aja ga sih kalo kita ngefans sama seorang penyanyi trus kita bikinin lagu buat dia, eh tau2 lagunya dinyanyiin sama penyanyi yang kita idola-in itu.. kebayang kan rasa senengnya gimana..

Open Business..

aduh open business itu apa yah.. ah kan udah jaman internet mania.. liat wikipedia aja ahhh..
owhh ternyata open business itu adalah merupakan konsep melakukan bisnis dengan cara yang transparan dengan erat mengintegrasikan ekosistem peserta, bekerja sama di ruang publik. Struktur open business membuat kontributor dan non-kontributor terlihat seperti bahwa keuntungan bisnis didistribusikan sesuai. Mereka mengaktifkan keterlibatan pribadi dan produktivitas dengan diuntungkan kontributor dan produsen bahwa mereka bisa hidup dari itu dan membantu klien untuk mengurangi biaya mereka.

ohh ternyata gitu tohh.. jadi open business tuh sama aja kaya open innovation, tapi bedanya ini bisnis.. dan bisnis ini pun masih dijalankan sama si

Linux, yang make open business

pemberi ide.. perusahaan berusaha untuk menjadi transparan tentunya ke publik.. nah ini bisa ngurangin cost loh, soalnya istilahnya ada orang-orang diluar sana yang ngebantuin business lo kan? tentunya bakal jadi benefit bagi si perusahaan.. nah yang pemberi ide business nya dapet apa? nah si pemberi ide tentunya dapet keuntungan gara2 istilahnya dia numpang nama dari nama business yang udah ada sebelumnya, ujung-ujung nya ngehemat cost juga kan? karena si pemberi ide ga perlu start dari awal untuk membuat suatu business..

trus-trus contoh yang udah ngelakuin open business siapa aja sih? nah yang udah ngelakuin ini tuh sebut aja Linux, perusahaan programmer.. jadi program yang dia bikin itu yang buat bisa dari dalem atau luar perusahaan.. istilahnya siapa aja bisa buat software buat linux.. orang-orang ga perlu repot membangun nama yang mesti dikenal publik.. cukup bikin buat linux, program yang udh terkenal, otomatis software mereka juga dipake dan dikenal oleh orang-orang..

 

huahh its getting late deh!! udah jam 12 lebih dan besok jam 11 gw mesti ujian tengah semester buat course capital market, so so so so sampai disini dulu ya guys.. aku nguantukkk.. semoga berguna yah blog saya kali ini..

SEE YOU LATER INNOVATOR.. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: