Definition of Creative and Innovation, plus Technology

23 Aug

Hola!

well this is my first time loh.. since long time I really want to make a blog. Tapi ga kesampeann mulu, alesanya bingung deh mau nulis apa. Takut malu-maluin isinya. hahahahaa..

Langsung ke inti, mari kita bahas apakah itu definisi creative dan innovasi? Siapa yang tau?? Menurut saya sih semua orang pasti tau definisi dari kreatif dan innovasi, ini mah tergantung kalian mau ngemeng apaan. Okelah dimulai saja, dimalam ini ditemani lagu “The way you look tonight” by Frank Sinatra, agak romansa deh keadaanya dikosan ini. Yaudahlah mulai lah bro!!

CREATIVE,

kreatif itu adalah bagaimana pikiran manusia bisa keluar dari belenggu atau constraint yang ada. Yah kerennya think outside the box lah yah. Bagaimana manusia bisa berfikir keluar dari batasan-batasan yang sebenarnya bisa mereka lewati. Nah apa pentingnya sih kreatif itu sendiri? Ya penting BANGET lahhh.. Soalnya gini aja deh, kalo orang ga kreatif kayanya kita sekarang masih hidup di Goa deh soalnya ga ada orang yang mau berfikir kreatif untuk ngebuat rumah. Ya ga sih? itu contoh kecilnya aja lah, yang lain masih banyak lagi (pikir aja sendiri! creative dong lo semua!!)..

Gimana, apa contoh lainya hayoo? Gatau? ah pecundang kalian semua! Tapi sebagai teman yang baik, saya bakal ngasih tau deh apa contoh yang lebih keren lagi. Misal gini nih.. Lets say ada orang namanya Endi (nama hanya tokoh fiktif belaka), nah dia tinggal di Pulau Cengcupay. Nah dipulau itu dari rumah tempat tinggalnya menuju sekolah nya ia harus menyebrangi sungai. Tiba-tiba jembatan di sungai tersebut roboh karena hujan besar. Padahal sungai itu satu-satunya akses menuju sekolahnya. Lalu ia berfikir..

berfikir..

dan masih berfikir…

AHA! Dia mendapat jawabanya… “Huah lebih baik saya tidak usah sekolah!!”

Sekian..

YA GA GITULAH YAAAAA.. jelek amat ceritanya, bagai manusia yang tidak mempunyai semangat untuk maju saja. Ternyata ide brilliant yang menurutnya harus diberi nobel oleh dunia adalah, “yaudah gw berenang ajah”.. UWOW!! SUNGGUH CREATIVE!! ya pokoknya gitulah… masa ga ngerti sih contoh-contoh kreatif di kehidupan nyata.. disini saya gamau nulis yang keren-keren, sombong itu sifat yang dibenci tuhan.. sungguh..

Nah kenapa sih orang terdorong untuk kreatif? karena orang-orang udah bosan sama ide yang itu-itu saja, atau orang-orang ingin membuat sesuatu yang baru, atau jugaaaa itu orang udah ga ada kerjaan. Loh? Kok gitu? wets menurut riset yang saya pelajari sendiri dari diri saya, orang cenderung kreatif kalo lagi ga ada kerjaan. Gini aja deh, dulu waktu smp kan JAMAN gila tuh yang namanya edit foto di photoshop (mungkin sekarang masih ada sih bagi orang-orang yang memang menyukainya atau memang dia masih selabil SMP), nah biasanya lo semua pasti photoshop mania kalo lagi gabut kan? ya dulu sih gw gitu, walau jadinya ga kreatif amat lah.. ga kreatif sama sekali malahan.. gagal.. hiks.. aku down saat itu.. terpuruk.. ENOUGH!!..

Lanjut ye. Dulu nih ya kalo gw ga ada kerjaan gw kreatif banget, gw dulu manjat teralis jendela rumah gw. Alhasil teralis besi tersebut patah. Gatau kenapa bekas lukanya menyerupai TOMPEL besar hitam yang menjijijkkan di punggung gw.. Sampai-sampai gw dulu dipanggil TOMPEL, thanks guys.. tapi sekarang udang ilang.. ntar deh gw liatin..(uwhh liar bengetzz niwh).. agak tolol sih, tapi setelah gw fikir-fikir yah yaudahlah namanya manusia kalo ga belajar dan ga kreatif itu ya ga belajar namanya (membela diri).

Being Creative tuh sama aja belajar menurut gw. Karena kita gatau apa yang akan terjadi dengan ide kita apabila di aplikasikan. Ya bagus-bagus kalo berhasil, ya kalo gagal paling kena tabok ibu atau bapak atau orang sekitar lo. Konon yah einstein atau siapa gitu deh, pokoknya orang terkenal yang berhasil dulunya itu punya punya rasa ingin tahu yang tinggi dan memaksakan diri menjadi kreatif. walau hasilnya fatal. Karena beliau membakar jerami yang ada di rumahnya, kebakaran deh tuh gudang jerami. Asli lah kalo gw yang kaya gitu langsung dibakar gw sm bapak gw. Toh ujung-ujungnya doi jadi orang yang berhasil kan?

Jadi kalo mau berhasil harus KREATIF ya you guysss..

Contoh-contoh Orang Kreatif:

Ide abang membuat mereka tersenyum, dan membuat orang tua mereka tersenyum miris karena uang yang harus dikeluarkan untuk main odong-odong

Nah tuh, si abang kreatif banget de ah. Dulu kite kalo mau main begituan mesti ke dufan, udah jauh, mahal, macet.. TIDAKK.. karena abang yang kreatif ini, anak-anak bisa leluasa bermain komidi puter.. tinggal keluar rumah trus teriak “ABANG ODONG-ODONG!!!! MAU MAENNN NEHHHHHH”.. langsung deh abang-abang yang terkadang bermuka datar datang menghampiri.

apa gw bilang, semua orang itu bisa kreatif!

tuh liat deh.. tebak itu apa?? apa?? Daun? BUTA ya lo! itu Jepitan Jemuran lah brayyy.. yang ini gw yakin sih, awalnya ga ada kerjaan pasti. dimulai dari bikin kubus.. pencipta: “ihh lucu juga yahhh”.. lalu mulai membuat yang lebih kompleks yaitu bikin anjing.. “aihh akika jago deh.. untung akika gabut dan kreatif..”.. eh tapi bisa juga loh kalo dia niat.. semua hanya asumsi saya belaka..

Bocah Warteg a.k.a WartegBoyz

“tiba-tiba hape bunyi, hape bunyi keras sekali.. gua jawab dia memaki, tukang kredit nagih janji.. OKELAH GUA BAYAR.. OKELAH GUA LUNASIN.. OKELAH GUA BAYARIN.. OKELAH GUA LUNASIN.. okelah kalo begitu..”

nah itu dia tadi penggalan lagu dari Warteg Boyz. gila sih ini.. gw udah ampun banget sama orang-orang ini.. menurut gw entah kenapa mereka kreatif banget.. biasanya yang pengen jadi penyanyi tuh yang suaranya bagus terus lagunya oke.. lah ini udah ngomongnya tegal medok mampus, trus liriknya masya-allah randomnya gila.. tapi toh terkenal-terkenal aja kok? OKELAH KALO BEGITU YAH MAS WARTEG!!! I swear I adore you!!! buset deh kenapa fotonya gede bgt yah? bodo ah, biar lo semua tau kalo mereka bener-bener mang-mang warteg..

cukup ya tentang kreatifnya, sekarang kita ke INOVASIIIIII!!!

INNOVATION,

yok marilah kita bahas tentang inovasi! inovasi apaan sih? inovasi itu bagaimana kita menciptakan sesuatu yang baru.. nah yang ini tuh kaya terusanya kreatif nih.. jadi lo tuh kreatif dan menemukan sesuatu yang baru, itulah yang namanya inovasi.. gak selalu barang kok inovasi itu, bisa apa aja.. jadi tuh kreatif yang super kreatif dan menghasilkan suatu gagasan yang benar-benar baru yang disebut inovasi.. inovasi tuh bisa berupa pikiran, contoh aja nih.. dulu kan kalo nyontek tuh ngelirik ampe mata lo mau keluar kan. Lama-lama orang makin kreatif akhirnya mereka nanya langsung deh ke temenya.. yagitu deh pokoknya.. ga perlulah saya jelaskan lebih lanjut, ga sopan.. males sih sebenernya hahahaha..

Lalu lalu lalu.. KREATIF+DREAM+KEMAUAN=INOVASI=NEW TECHNOLOGY.. wow sungguh sesuatu yang mengagumkan!! emang iya loh.. tehnology itu kan bisa apa aja.. kenapa ada nyempil mimpi sih di situ? well everything is started with a dream.. contoh aja nih ya, dulu thomas alfa edison pasti awalnya bermimpi lah gimana caranya doi bisa punya alat penerangan yang ga berbahaya kaya obor (yang notabenya kalo jatoh bisa membakar habis dirinya).. akhirnya doi berkreasi dan kreasinya itu berhasil menciptakan sesuatu yang baru yang di sebut lampu dan itu sebuah inovasi yang amat membantu kita sekarang bukan? iya lah..


Marilah kita lihat contoh inovasi itu sendiri

dia adalah salah satu orang paling kreatif abad ini, Steve Jobs

nah siapa yang gatau dia? yaudah gw kenalin.. si steve tuh (berasa tetangga), pendiri dan pencetus apple company. ya singkat cerita doi ini creative dan akhirnya bikin perusahaan yang bergelut di bidang IT dan new technology.. di sini dia sedang memegang IPhone.. kalo dipikir-pikir, pasti doi awalnya cuma ngimpi doang nih bikin beginian.. yah wong telfon aja awalnya cuma terinspirasi dari kawat sama kaleng doang, lama-lama jd bikin telfon, trus handphone segede bagong, trus handphone yang bisa di genggam tangan normal lah, trus jadi PDA atau smart-phone deh kaya IPhone yang doi pegang.. bah panjang kan sejarahnya.. ckckck.. yah pokoknya yang gw bilang tadi deh, jangan takut bermimpi dan menjadi kreatif karenaaa… KREATIF+MIMPI+KEMAUAN=INOVASI=NEW TECHNOLOGY.. yuhuuuu

berawal dari gayung, lalu sekarang menjadi shower steamer

nah yang ini gw gatau nih siapa yang nyiptain.. bok ini keren banget loh ga boong deh.. yakinlah sumpah.. dulu nenek moyang kita ga kenal tuh sama beginian, boro-boro deh gayung plastik merk lion star aja mereka ga tau.. mereka mandi langsung dari air sungai.. lama-lama mereka nyiptain deh tuh gayung dari batok kelapa, trus nyiptain dari plastik, trus nyiptain shower.. gw yakin banget shower tuh konsepnya back to nature banget deh.. gw kadang-kadang kalo mandi mikir, kalo ga ada shower kayanya kalo kita lagi kotor banget nih tangan kita bakal keram ketek ngebanjur dari gayung mulu.. gw amat sangat mensyukuri sih adanya shower ini, thanks dude (siapapun itu).. nah yang ini mana ada steamer nya juga lagi.. KYAAA KYAAAA *histeris.. keren banget bokkk.. pokoknya salut lah..


TECHNOLOGY..

Enough yah tentang creative dan inovasi.. sekarang saya pengen banget ngebagi pikiran saya tentang teknologi.. pada sadar ga sih kadang-kadang lo semua tuh ga bersyukur sama yang namanya tekhnologi.. kadang-kadang kita lupa, kalo ga ada tekhnologi itu sendiri kita bisa keteteran. Lah kenapa keteteran? soalnya kadang kita udah dimanjain banget deh bok sama tekhnologi.. well coba kita ambil contoh simpel nya yah, setiap pagi kita dibangunin oleh suara weker yang jadi pengganti suara teriakan ibu kita. lo semua bayangin deh kalo ga ada weker, mati kutu lo ga bisa bangun ampe lusa.. haha lebay sih..

Another perfect example tuh kaya misalnya ubin deh.. coba kalian semua bayangin deh kalo ga ada orang pintar yang menciptakan ubin, kalian smua sekarang lg becek-becekan sama tanah tuh,, bergumam dengan tanah dan cacing.. kali dehhh.. makanya gw kadang-kadang suka amaze sendiri sama inovasi sekecil apapun.. karena menurut gw semua inovasi itu akan mempermudah hidup kita sekarang..

Kayanya tulisan gw barusan seperti mendewa-dewakan technology yah.. actually NO I’M NOT!! terkadang tekhnologi itu membuat kita sangat malas loh.. dan banyak banget kekurangan yang tercipta karena teknologi.. contohnya aja yang gampang.. karena ada tekhnologi yang namanya email, sms, bbm, dll.. kita jadi melupakan yang namanya surat menyurat.. well padahal surat menyurat tuh seru banget loh.. just imagine surat yang dikirim orang yang kita tunggu melewati beberapa tahap dan beberapa tempat hingga akhirnya sampai di tangan kita..

Tekhnologi juga bikin kita jarang bersilahturahmi secara langsung loh.. “alah kita skype-an ajah, alah kita email ajah” sampe kadang-kadang pertemuan langsung udah ga se-seru dulu.. contoh aja yah, kalo orang pacaran jarak jauh kan pasti skrg pada pake skype atau ical atau oovoo atau yg lain lah.. pas ketemu msh seneng buanget sih, tapi bayangin kalo ga ada teknologi itu?? buset pas ketemu bisa meledak senengnya..

Pokoknya teknologi punya plus dan minusnya.. itu pasti.. apapun.. mau yang teknologi besar atau kecil. kaya contohnya telfon ajah deh.. orang kadang-kadang jadi berasa sibuk buat ketemu orang karena udah ada teknologi yang namanya telfon.. and its not good.. bukan berasa sibuk juga, tapi pasti jadi gini “alah ga bisa ketemu, kan bisa nelfon”.. coba kalo saat itu saat terakhir dia bisa ketemu orang itu, trus dia malah milih nelfon.. buset bisa nyesel sampe ubun-ubun..

Jadi kesimpulanyaaaa…….

jangan kita sampe mendewakan teknologi.. kalo lo dewa2in teknologi pasti jadi makin manja deh.. tapi please jangan pernah kita lupa bersyukur dan berterimakasih sama penemu teknologi itu.. ya doain hidupnya tenang di-alam sana kek.. atau apakekk..

OKAY.. cukup blog gw hari ini.. mata mulai mengantuk, saatnya kita saur!!!!                 tidur deng… -_-”

See you later innovator!! cheers!! 🙂

3 Responses to “Definition of Creative and Innovation, plus Technology”

  1. meta August 23, 2010 at 6:01 pm #

    Freak.
    (NGAKAK!!!!!)

    • pratiwisekarwangi August 23, 2010 at 6:10 pm #

      makasih yah commentnya..

      hahahahah berasa blogger terkenal males bales comment

  2. aktor fiktif September 15, 2010 at 6:29 pm #

    woow si tokoh fiktif itu pasti tampan sekali

Leave a Reply

